Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

TPQ

Taman Pembelajaran Al-Qur’an Gratis


Taman Pembelajaran Al-Qur’an(TPQ) merupakan salah satu kegiatan yang ada di Yayasan Dharma Kasih Jakarta Timur, Kegiatan TPQ ini di lakukan pada setiap senin sore Pukul16.30 sampai pukul 18.00. Kegiatan ini di laksanakan di mushola IYAKA Yayasan Dharma Kasih Jakarta Timur.

Taman Pembelajaran Al-Qur’an(TPQ) sampai saat sudah banyak diterapkan di berbagai penjuru indonesia, Termasuk salah satunya di Yayasan Dharma kasih Jakarta Timur ini. Karena Yayasan Dharma Kasih sangat peduli kepada generasi yang akan datang, supaya generasi yang mendatang bisa menjadi generasi yang bisa mencintai Al-Qur’an dan mengamalkannya di Kehidupan Sehari- hari.

Di Yayasan Dharma Kasih menyediakan Taman Pembelajaran Al-Qur’an ini secara gratis. Khususnya untuk Anak- Anak Yatim Piatu & Dhuafa, Alhamdulilah dengan adanya TPQ gratis ini Anak- anak sangat merasa terbantu sekali. Kegiatan Taman Pendidikan Al-Qur’an(TPQ) ini merupakan sebuah pendidikan luar sekolah.

Sampai saat ini masih banyak masyarakat khususnya orang tua yang menggantungkan anak-anaknya dalam mendapatkan pelayanan pendidikan melalui sekolah, sehingga terciptanya semacam opini bahwa pendidikan itu identik dengan sekolah. Pndidikan di luar sekolah juga menentukan kualitas pendidikan di negara kita di kemudian hari.

Kualitas dari seseorang pada dasarnya sangat di tentukan dari pendidikan yang kita terima selama ini. Pendidikan yang berkualitas dan berkepribadian yang baik tentunya akan menghasilkan manusia yang berkualitas dan berkepribadian pula. Oleh karena itu pendidikan harus menjadi prioritas utama dalam setiap program pembangunan pada generasi yang akan datang.

Santunan Yatim Jakarta Timur

Pada saat ini masih banyak orang beranggapan bahwa pendidikan hanya bisa diperoleh melalui bangku sekolah. Image yang demikian tersebut tidaklah sepenuhnya keliru.Di periode globalisasi ini pendidikan karakter sangat berperan penting dalam setiap individu, khususnya pada anak- anak usia dini yang sangat diharapkan oleh generasi sebelumnya agar dapat bermanfaat bagi banyak orang untuk kedepannya. Di zaman yang apa” menggunakan teknologi ini, kegiatan keagamaan sangatlah minim.

Anak- anak zaman sekarang apa- apa sudah ketergantungan dengan adanya digital( hanphon) oleh karena itu yayasan Dharma kasih mendirikan TPQ(Taman Pendidikan Al- Quran) agar anak- anak tetap mau belajar mengaji.

tujuan pendidikan TPQ adalah meningkatkan taraf kehidupan manusia melalui seluruh aspek yang ada sehingga sampai kepada tujuan yang telah ditetapkan dengan proses tahap demi tahap. Jadi pada dasarnya pendidikan agama Islam mambangun peserta didik agar memiliki fondasi keimanan dan ketakwaan yang kuat terhadap Allah SWT.

Karena iman sangat berperan penting bagi seseorang muslim yang harus dibentuk dan diaktualisasikan berupa amal saleh, sehingga menghasilkan prestasi yang disebut takwa. Pokok pertama materi Pendidikan Agama Islam pada dasarnya adalah Al-Quran.

Sebagai pokok agama Al-Quran memegang peranan yang sangatsignifikan dalam pembentukkan tingkah laku manusia dan pembentukkan akhlakul karimah. Yang berarti seseorang akan melahirkan sebuah tata nilai yang luhur dan mulia jika mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.

Tata nilai itu kemudian terbentuk dalam kehidupan di suatu masyarakat dan pada gilirannya akan membentuk sebuah kebudayaan dan peradaban yang islami. Oleh karena itu, kemampuan menulis,membaca, mengerti, dan sekaligus menghayati isi bacaan Al-Qur’an adalah hal yang sangat penting dalam meningkatkan moral anak.

Anak- anak ini adalah calon- calon pemimpin bangsa maka dari itu anak- anak perlu pengarahan supaya sejak dini agar mereka tidak tersesat dijalannya. Pemikiran anak-anak biasanya masih fresh dan punya semangat yang begitu kuat.Terkadang pengarahan atau bimbingan kepada mereka tak harus hanyak ketika disekolah saja namun perlu serta mereka diberikan pemahaman seputar agama, yang nantinya untuk bekal bagi mereka.

Apa yang kita bimbing kepada anak- anak sangat berpengaruh kepada kepribadian anak- anak, gimana supaya mereka tetap hidup berlandaskan agama? Salah satunya yaitu dengan pembelajaran religius, dan dengan mengaji Al- Qur’an. Dalam agama Islam kita semua diperintahkan untuk terus mencari ilmu, dimana di sebutkan di dalam Hadist :

Apapun ilmunya yang penting bisa berguna dan bermanfaat bagi diri sendiri dan juga buat orang lain. Apa yang harus kita lakukan setelah berilmu? keutamaan menuntut ilmu adalah mengamalkan ilmu itu dan bisa bermanfaat bagi banyak orang. intinya kita harus terus belajar dan belajar, karena belajar tidak ada mengenal kata henti.

Gambar diatas adalah salah satu kegiatan religius yang dinamakan tpq, kegiatan yang di bimbing oleh Ibu Siti wardah yang di lakukan pada setiap hari senin pukul 16.30 sampai pukul 18.00. Dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang Ibu Siti Wardah mengajarkan mereka dengan penuh gembira, dan anak- anak juga menyambutnya dengan suka ria.

Meskipun TPQ adalah kegiatan religi, Tapi disini mereka tak hanya belajar seputar agama atau juga mengaji, Namun sesekali kita juga bermain bersama, Karena anak-anak itu pada dasarnya suka bermain. Alhamdulillah dengan metode pengajaran seperti ini anak-anak tidak merasa bosan dan bisa mengikuti TPQ dengan penuh semangat.

Leave a Comment