Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

SEDELAK SEBAGAI PENDORONG UMAT MUSLIM UNTUK BERAMAL JARIYAH

Sedekah Sebagai Pendorong Muslim Untuk Beramal Jariyah

Selain itu, menginfakkan harta yang baik dan penghasilan yang halal di jalan Allah juga termasuk bentuk ibadah yang agung. Hal yang perlu Anda ketahui adalah sedekah memiliki makna yang lebih luas dari sekedar zakat atau infaq. Sedekah juga bukan berarti menyumbangkan harta, namun juga mencakup amal atau perbuatan baik.

Meskipun memiliki banyak keutamaan, namun terkadang seorang muslim bermalas-masalan untuk melakukannya. Oleh karenanya, agar tidak terkena penyakit malas untuk melakukan kebaikan sedekah, penting untuk mengetahui motivasi bersedekah.

1.Sedekah Sebagai Bentuk Jihad yang Paling Mulia

Perlu Anda ketahui bahwa membelanjakan harta yang halal sebagai taat kepada Allah merupakan termasuk bentuk jihad. Hal ini tentu saja merupakan amalan yang paling mulia. Di dalam Al Qur’an, jihad di jalan Allah dengan harta juga didahulukan dibandingkan dengan jihad dengan jiwa.

Selain itu, seorang muslim juga sebaiknya menyedekahkan hartanya dan tidak menahannya. Dengan sedekah sekecil apapun itu, bisa saja menjadi penolong kita di hari pembalasan kelak.

Hal ini sesuai dengan hadits nabi bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam terkait ajakan sedekah yang artinya,

“Jagalah diri kalian dari neraka meskipun hanya dengan sedekah setengah biji kurma. Barang siapa yang tak mendapatkannya, maka ucapkanlah perkataan yang baik.” (HR. Bukhari no. 1413, 3595 dan Muslim no. 1016)

Leave a Comment