Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

Mengetahui Zakat Perdagangan Hewan Ternak

Zakat hewan ternak merupakan zakat yang wajib dikeluarkan (zakat mal) atas hewan ternak yang dimiliki, seperti kambing atau sapi. Berdasarkan hadist riwayat Muslim no: 988 dari Jabir bin Abdillah ra, disebutkan bahwa Rasulullah rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda

مَا مِنْ صَاحِبِ إِبِلٍ وَلَا بَقَرٍ وَلَا غَنَمٍ لَا يُؤَدِّيْ حَقَّها إِلَّا أُقْعِدَ لَهَا يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقَاعِ قَرْقَرٍ تَطَؤُهُ ذَاتُ الظِّلْفِ بِظِلْفِهَا وَتَنْطَحُهُ ذَاتُ الْقَرْنِ بِقَرْنِهَا لَيْسَ فِيْهَا يَوْمَئِذٍ جَمَّاءُ وَلَا مَكْسُوْرَةُ الْقَرْنِ…

“Tiada pemilik unta, sapi dan kambing yang tidak menunaikan haknya kecuali kelak pada hari kiamat ia akan di-duduk-kan di pelataran Qarqar, selanjutnya ia akan diinjak oleh hewan yang berkaki dengan kakinya dan ditanduk oleh hewan yang bertanduk dengan tanduknya. Kala itu tak ada hewan yang berkaki pincang atau yang tak utuh tanduknya…” (HR. Muslim)

Sedangkan untuk syaratnya sendiri, Asy- Syaikh Muhammad bin ‘Abdul Wahhab berkata:

“Bagi orang yang memiliki 5 ekor unta (unta betina yang diambil susunya) – yang dipelihara untuk dijual -, jika ia digembalakan lebih dari setengah tahun maka zakatnya adalah seekor kambing. Jika seseorang memiliki ±2 ekor unta, sedang dia adalah seorang petani dan ia memiliki usaha  perdagangan dan unta-unta tersebut untuk dijual. Maka zakat unta itu dihitung bersama barang dagangannya”.

Beliau juga melanjutkan:

“Seeorang yang memiliki 30 real. Disamping bersama badui, ia juga memiliki unta dan kambing. Namun masing masingnya nishab. Jika hewan-hewan itu untuk diperdagangkan maka zakatnya dihitung setelah haul (setahun) kemudian ditambahkan dengan 30 real. Semua harta tersebut dizakati dengan ukuran satu per empat belas. Namun jika hewan ternak tersebut tidak diperdagangkan, maka hewan-hewan tersebut dizakati dengan zakat gabungan – kambing dan unta jika telah mencapai nishab dan telah mencapai haul –setahun-.

Mari Sahabat bersedekah dengan mudah melalui:

1. Klik tombol “WAKAF SEKARANG”
2. Masukan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran (transfer bank BNI, Mandiri, BRI, BNI Syariah) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.


Hotline Kami:

☎(021) 2984-4562

Atau kunjungi kantor kami di:
Jl. Tambun Rengas No.38, RT.16/RW.1, Cakung Tim., Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13910B

Leave a Comment