Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

Zakat Fitrah Online di Yayasan Dharma Kasih Jakarta Timur

Mengenal Arti Zakat Fitrah dan apa Hikmah & Tujuan membayar Zakat Fitrah


Sejak awal bulan Ramadhan sampai menjelang Idul Fitri, Diwajibkan umat Islam untuk Menunaikan zakat fitrah. Maka dari itu pentingnya untuk mengenal arti dari zakat fitrah, termasuk hikmah dan tujuan membayar zakat fitrah.

Sebagai seorang muslim, membayar zakat termasuk salah satu rukun islam yang harus dipenuhi untuk menyempurnakan ibadah kita. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai arti zakat fitrah, termasuk hikmah dan tujuan membayar zakat fitrah, silahkan simak artikel ini.

Pengertian Zakat Fitrah

Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim yang harus dikeluarkan pada bulan Ramadan sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap sesama. Menurut Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), zakat fitrah adalah kewajiban bagi setiap individu Muslim, baik laki-laki maupun perempuan, yang harus dilaksanakan selama bulan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri.

Sebagaimana dijelaskan dalam sabda Rasulullah SAW dari Ibnu Umar r.a :

Zakat fitrah bisa dikeluarkan dalam bentuk makanan pokok seperti beras, gandum, atau uang tunai sesuai dengan harga makanan pokok yang berlaku di daerah masing-masing. Namun, lebih disarankan untuk membayar zakat fitrah dalam bentuk makanan pokok untuk membantu memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang membutuhkan.

Besaran zakat fitrah biasanya ditetapkan berdasarkan harga makanan pokok yang berlaku di daerah masing-masing, dan hal ini sering kali diumumkan oleh lembaga-lembaga keagamaan setempat. Jumlahnya setara dengan satu sha’ atau tiga kilogram makanan pokok yang umum dikonsumsi.

Tentunya. Sampai pada titik ini, dapat kita jelaskan bahwa membayar zakat adalah kewajiban yang harus dikeluarkan oleh setiap individu Muslim yang mampu, baik dewasa maupun anak-anak, sebagai bentuk ungkapan syukur atas nikmat kesehatan dan kelapangan rezeki yang diberikan oleh Allah SWT.

Hikmah Membayar Zakat Fitrah

Membayar zakat fitrah memiliki beberapa hikmah yang penting :

1. Menjaga Kesucian Hati

Melalui pembayaran zakat fitrah, seorang Muslim dapat membersihkan hatinya dari sifat kikir dan kedengkian, serta memperkuat rasa syukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT.

2. Meringankan Beban Sesama

Zakat fitrah membantu meringankan beban hidup sesama Muslim yang kurang mampu, sehingga mereka dapat merayakan Idul Fitri dengan layak dan cukup makan.

3. Menjalin Solidaritas Sosial

Pembayaran zakat fitrah memperkuat ikatan sosial antar sesama Muslim, memperkuat solidaritas, dan membangun kepedulian terhadap kebutuhan orang lain dalam komunitas.

4. Menyucikan Harta dan Jiwa

Zakat fitrah berperan dalam membersihkan harta seseorang dari sifat-sifat yang tidak baik, serta membersihkan jiwa dari penyakit hati seperti kecintaan terhadap harta dunia.

5. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Melalui pembayaran zakat fitrah, seorang Muslim dapat memperoleh pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena zakat fitrah adalah salah satu bentuk ibadah yang diperintahkan langsung oleh-Nya melalui Rasulullah SAW.

Tujuan Membayar Zakat Fitrah

Tujuan membayar zakat adalah sebagai berikut :

1. Ketaatan kepada Allah

Membayar zakat merupakan perintah langsung dari Allah SWT kepada umat Muslim sebagai salah satu rukun Islam yang kelima. Dengan membayar zakat, umat Muslim menaati perintah Allah dan menjalankan kewajiban agama.

2. Membersihkan Harta

Zakat berfungsi sebagai alat untuk membersihkan harta seseorang dari sifat kikir dan kecintaan berlebihan terhadap materi. Hal ini membantu umat Muslim menjaga kesucian harta dan jiwa mereka.

3. Membantu Sesama

Salah satu tujuan utama zakat adalah untuk membantu sesama yang membutuhkan dalam komunitas Muslim. Zakat membantu menyediakan kebutuhan dasar bagi orang-orang yang kurang mampu, seperti makanan, pakaian, tempat tinggal, dan pendidikan.

4. Mengurangi Kesenjangan Sosial

Dengan membayar zakat, umat Muslim ikut berperan dalam mengurangi kesenjangan sosial antara orang kaya dan orang miskin. Zakat membantu mendistribusikan kekayaan secara lebih adil dalam masyarakat.

5. Mendapatkan Pahala

Membayar zakat adalah salah satu cara untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT. Rasulullah SAW menyatakan bahwa orang yang membayar zakat dengan ikhlas akan mendapatkan ganjaran yang besar di akhirat.

Dengan demikian, membayar zakat bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga merupakan salah satu cara untuk mencapai kedekatan dengan Allah SWT dan membantu membangun masyarakat yang lebih adil dan berkeadilan.

Cara Membayar Zakat Fitrah

Setelah mengetahui pengertian, hikmah, dan tujuan membayar zakat fitrah, maka selanjutnya adalah bagaimana cara membayarnya. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan untuk membayar zakat fitrah :

  1. Menyediakan makanan pokok sebanyak satu sha’ atau tiga kilogram yang umum dikonsumsi di daerah masing-masing.
  2. Menyerahkan zakat fitrah dalam bentuk uang tunai dengan nilai 2,5 kg atau yang setara dengan harga makanan pokok yang berlaku di daerah masing-masing.
  3. Memberikan zakat fitrah melalui lembaga-lembaga keagamaan setempat yang terpercaya dan memiliki program-program kemanusiaan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan.
  4. Membayar zakat fitrah secara online melalui situs-situs resmi lembaga-lembaga keagamaan atau organisasi-organisasi sosial yang terpercaya.

Sebelum membayar zakat fitrah, pastikan untuk mengetahui besaran zakat yang harus dikeluarkan berdasarkan harga makanan pokok yang berlaku di daerah masing-masing. Selain itu, pastikan juga bahwa zakat tersebut diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan dan terpercaya dalam penyalurannya.

Yayasan Dharma Kasih Jakarta Timur hadir sebagai lembaga penyalur zakat online yang dapat dipercaya dan praktis bagi para donatur dalam memenuhi kewajiban agama serta memberikan sedekah untuk membantu anak yatim dhuafa, janda lansia, dan masyarakat pra sejahtera.

Leave a Comment