Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

Manfaat Mengkonsumsi Telur Asin Bagi Kesehatan Tubuh.

Kandungan Nutrisi Telur Asin
Dilansir dari penelitian di laman Universitas Semarang, repository.usm.ac.id, dijelaskan bahwa telur asin memiliki sejumlah kandungan zat dan nutrisi.

Manfaat Telur Asin
Berikut ini adalah 10 manfaat telur asin yang baik untuk kesehatan, seperti dilansir laman academia.edu:

1. Meningkatkan Metabolisme
Telur asin yang mengandung banyak protein mampu memberikan energi pada sel-sel tubuh untuk memanfaatkan nutrisi atau gizi dari makanan dan minuman, sehingga metabolisme tubuh dapat meningkat.

2. Menjaga Kesehatan Tulang
Protein hewani yang terkandung dalam telur asin memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi telur asin secara teratur dengan kombinasi gizi seimbang dapat meningkatkan massa tulang sehingga mencegah osteoporosis.

3. Membantu Otak Berkembang
Telur asin juga mengandung omega 3 yang baik untuk perkembangan otak, terutama pada usia anak-anak. Kandungan gizi tersebut mampu merangsang pertumbuhan sel-sel otak sehingga mencegah gangguan pada otak.

4. Membantu Regenerasi Sel
Protein dalam telur asin mampu meregenerasi sel yang sudah rusak, sehingga sel-sel kembali berkembang dan berfungsi dengan baik.

5. Meningkatkan Massa Otot
Selain baik untuk tulang, protein pada telur asin juga bermanfaat untuk meningkatkan massa otot. Hal ini akan baik bagi atlet karena membutuhkan banyak protein agar otot semakin kuat.

6. Mengatasi Anemia
Telur asin juga mengandung zat besi yang bisa mengatasi masalah anemia defisiensi besi. Dengan mencegah anemia, maka gejala-gejala seperti pusing, mual, hingga mudah lelah dapat diredakan dengan telur asin.

7. Menurunkan Kadar Lipid Darah
Kandungan pada telur asin bisa menurunkan kadar lipid darah seperti kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi. Kolesterol LDL dan trigliserida yang tinggi bisa menyebabkan berbagai komplikasi penyakit lainnya seperti penyakit degeneratif.

8. Meningkatkan Imunitas
Telur asin mengandung selenium yang bermanfaat bagi kekebalan tubuh atau imunitas manusia. Dengan tubuh memiliki kekebalan, maka akan sulit terserang penyakit. Badan pun bisa terjaga tetap bugar.

9. Menjaga Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A pada telur asin bermanfaat menjaga mata agar memiliki penglihatan yang baik.

10. Menjaga Kesehatan Kulit
Tak hanya mata, telur asin juga baik untuk kesehatan kulit karena ada kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin E bisa membuat kulit cerah dan halus, serta mencegah masalah iritasi, dan gatal-gatal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment