Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

Keutamaan Sholat Tahajut

tahajud artinya tidur sambil berjaga agar siap melakukan salat tengah malam atau membaca Al-Quran atau salat sunah pada tengah malam, seusai tidur.

Sholat tahajud dilakukan di sepertiga malam. Sholat tahajud disebut Rasulullah SAW sebagai sholat yang paling utama setelah sholat wajib lima waktu. Mengapa demikian?

Itu karena orang yang rajin melaksanakan salat tahajud dijanjikan Allah SWT akan masuk surga, dan tempatnya di taman surga. Hal itu tertera dalam Surat Al-Isra ayat 79, yang bunyinya sebagai berikut:

Lafaz Arab Surat Al-Isra Ayat 79

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدَبِهِ نَا فِلَةً لَكَ عَسَى اَنْ يَبْعَسَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُوْدًا

Arab latin: Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka ‘asā ay yab’aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā.

Artinya: “Dan pada sebagian malam, maka kerjakanlah shalat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah- mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.”

Karena salat tahajud merupakan salat yang paling utama setelah salat wajib lima waktu, tentu saja ada banyak keutamaan yang didapatkan seorang muslim bila melaksanakannya.

1. Doanya Dikabulkan
Keutamaan sholat tahajud yang pertama adalah doa-doanya akan dikabulkan oleh Allah SWT. Itu karena salat sunah ini punya derajat yang tinggi, sehingga siapa pun yang mengerjakannya maka doanya akan dikabulkan.

Rasulullah SAW pernah bersabda terkait hal ini lewat hadis berikut:

“Setiap malam Allah SWT turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata, ‘Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang beristighfar sehingga Aku ampuni dosanya?” (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Dijanjikan Masuk Surga
Janji Allah SWT terhadap orang yang rajin melaksanakan salat tahajud adalah surga. Hal itu tercantum dalam hadis riwayat berikut:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ، وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ، وَصِلُوا اْلأَرْحَـامَ، وَصَلُّوْا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِيَامٌ، تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ.

“Wahai manusia, tebarkan salam, berilah makan, sambunglah tali silaturahmi dan salatlah di malam hari saat manusia tertidur, niscaya kalian akan masuk ke dalam surga dengan selamat.” (HR Tirmidzi)

3. Dosanya Dihapuskan
Keutamaan sholat tahajud yang ketiga adalah dosa orang tersebut akan dihapuskan. Keutamaan ini ada dalam sabda Rasulullah SAW yang bunyinya sebagai berikut:

“Sholat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan, dan menghindarkan dari penyakit.” (HR Tirmidzi)

Ada juga hadis lain yang menyatakan sholat tahajud dapat menghapus dosa dan Allah akan mengabulkan doa orang tersebut.

“Pada tiap malam, Tuhan Kamu turun (ke langit dunia) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Dia berfirman: “Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Kuperkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepadaKu, akan Kuperkenankan permintaannya. Dan barangsiapa yang meminta ampunan kepadaKu, Aku ampuni dia”. (HR Al-Bukhari dan Muslim)

4. Mendapat Rida Allah SWT
Orang yang bangun di sepertiga malam lalu melaksanakan salat tahajud, maka orang tersebut akan diridai Allah SWT. Hal itu tertera dalam hadis sebagai berikut:

“Tiga orang yang diridhoi Allah yaitu orang yang pada tengah malam bangun dan sholat, suatu kaum (jamaah) yang bershaf untuk sholat, dan suatu kaum yang berbaris untuk perang di jalan Allah.” (HR Abu Ya’la)

5. Terhindar dari Berbagai Penyakit
Keutamaan sholat tahajud yang terakhir adalah dapat membuat tubuh lebih sehat. Ini tercantum dalam sabda Rasulullah yang bunyinya sebagai berikut:

“Lakukanlah sholat malam karena itu adalah tradisi orang-orang saleh sebelum kalian, sarana mendekatkan diri kepada Allah, pencegah dari perbuatan dosa, penghapus kesalahan, dan pencegah segala macam penyakit dari tubuh.” (HR. Tirmidzi)

Itu dia lima keutamaan sholat tahajud yang perlu diketahui umat muslim. Mulai sekarang jangan lupa untuk bangun di sepertiga malam lalu melaksanakan salat tahajud ya.

Leave a Comment