Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

Hidup Makin Bermakna, 4 Cara Mencintai Diri Sendiri

Asian businessman write text on wall, Love Yourself

Istilah self love saat ini kerap kali muncul di jagat dunia maya. Nah, self love sendiri diartikan sebagai upaya mencintai diri sendiri sepenuhnya. Baik dalam mencintai kelebihan maupun kekurangan diri sendiri. Istilah ini ramai diperbincangkan karena masih banyak orang yang kurang mencintai diri sendiri. 

Padahal fenomena tersebut bisa saja menimbulkan dampak negatifnya ketika seseorang menjalani kehidupan. Sebagai contoh, mengabaikan apa yang mental dan fisik butuhkan seperti kurang istirahat karena hanya berfokus pada pikiran negatif yang ada di kepala. 

Hal ini tentunya dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang pada akhirnya berdampak pada kesehatan mental. Karena itu, pastikan untuk mencintai dirimu sendiri. Jika kamu bingung bagaimana melakukannya kamu tidak perlu khawatir. 

Sebab, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk menerima dan mencintai diri sendiri agar hidup makin bermakna.  

Cara Mencintai Diri Sendiri yang Perlu Diketahui

1. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Sudah menjadi salah satu tabiat manusia untuk menjadi kompetitif, dan hal ini sangatlah wajar. Namun, bersikap kompetitif berlebihan pada semua hal, dapat berbahaya. Sebab, hal ini dapat membuat seseorang membandingkan dirinya kepada orang lain. Padahal, membandingkan diri sendiri dengan orang lain tidak ada gunanya. Lantaran setiap orang unik, dan di dunia ini hanya ada satu dirimu. Alih-alih membandingkan diri dengan orang lain, fokuslah membangun dan memperbaiki diri sendiri untuk mencapai yang kamu impikan.

2. Berani Katakan Tidak

Kamu tidak bisa menjadi segalanya bagi semua orang. Selain itu, sulit untuk memberikan yang terbaik jika kamu terus-menerus berusaha memberikan segalanya di semua aspek kehidupan. Karena itu, penting untuk memberanikan mengatakan tidak.  Sebab, ini adalah cara yang bagus untuk lebih menghargai dan mencintai diri sendiri. Sebagai contoh, ketika di dalam pekerjaan dan kamu diberikan tugas di luar tanggung jawabmu, cobalah untuk menolaknya dan membela dirimu.

Namun, jika kamu perlu mengatakan “ya” kepada atasanmu, kamu dapat mengatakannya sembari memberikan batasan. Misalnya, jika pada akhirnya kamu menyetujui pekerjaan di luar tanggung jawabmu, kamu bisa menerimanya tetapi jelaskan kapan kamu baru bisa menyelesaikannya. 

3. Ingatkan Diri Sendiri

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mencintai diri sendiri adalah mengingatkan diri sendiri. Mengingatkan yang dimaksud adalah bagaimana kamu memberitahu kalau dirimu sangat berharga. Sebab, hampir setiap orang pernah terjebak dalam self talk atau dialog internal dengan diri sendiri, secara negatif.  Hal ini kerap membuat seseorang merasa menjadi beban, pengecut, pecundang, atau tidak pantas untuk mencapai apa yang diimpikannya. 

Agar dapat terhindar dari pikiran negatif tersebut, ingatkan kepada diri sendiri seberapa berharganya dirimu. Jika kamu membutuhkan pengingat untuk melakukannya, kamu juga dapat meninggalkan catatan di sekitar rumah yang menunjukkan hal yang paling disukai dari diri sendiri.

4. Berbuat Baik Kepada Diri Sendiri

Penting untuk senantiasa berbuat baik kepada diri sendiri dengan melakukan berbagai hal. Misalnya seperti memperhatikan kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang, dan memastikan kualitas tidurmu bagus. Selain itu, tidak ada salahnya untuk merayakan dan memberi apresiasi terhadap diri sendiri. Contohnya seperti memanjakan tubuh dengan melakukan pijat relaksasi setelah menjalani hal berat seperti ujian. 

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencintai diri sendiri. Selain beberapa cara tersebut, kamu juga bisa melakukan meditasi untuk mencapai ketenangan batin, atau melakukan konseling. Khususnya jika kamu sedang stres akan sesuatu dan bingung harus cerita kepada siapa. 

>>Yuk bantu kami berdonasi dengan cara di bawah ini <<

Salurkan DONASI terbaik Anda dengan cara:

1. Klik ‘Donasi Di Sini’
2. Masukan nominal Sedekah
3. Pilih Bank Transfer Bank BCA, Mandiri, BRI, BNI
4. Klik ‘Donasi Di Sini’ >>>YDK PEDULI<<<
5. Kontak Admin Via WA jika sudah transfer

Tidak hanya berdonasi, Sahabat juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

Terimakasih atas doa, dukungan dan bantuannya.
Semoga Allah membalas semua kebaikan Sahabat Dermawan.

Leave a Comment