Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

Cara menghindari kebiasaan malas dalam sholat

1. Memahami Manfaat Sholat

Sebenarnya sholat tidak hanya berfungsi sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Di samping itu, sholat memiliki manfaat yang luar biasa, baik dari segi kesehatan fisik maupun kesehatan mental seseorang.

Sementara di antara kita mungkin masih banyak yang belum memahami manfaat sholat yang luar biasa tersebut. Sehingga bermalas-malasan untuk mengerjakan sholat. Bahkan tidak sedikit yang menganggap bahwa sholat hanya membuang waktu saja.

Memahami manfaat sholat menjadi satu cara agar tidak malas sholat. Sebab dari sisi kesehatan, setiap gerakan dalam sholat bisa membuat tubuh lebih sehat. Selain itu, dari sisi psikologis, sholat bermanfaat membuat hati lebih tentram dan terhindari dari pemikiran negatif serta kotor.

2. Sholat Tepat Waktu

Salah satu cara agar tidak malas sholat adalah dengan mengerjakan sholat tepat pada waktunya. Biasanya menunda-nunda sholat hanya akan menyebabkan kemalasan yang berkepanjangan.

Sebab menunda sholat hanya akan membuat kita semakin lupa dan lama kelamaan menjadi malas untuk sholat. Hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan sholat tepat waktu. Ketika hendak berpergian kemudian terdengar kumandang adzan, sebaiknya kerjakan sholat terlebih dahulu baru kemudian melanjutkan aktivitas. Selain itu aturlah jadwal pertemuan atau pekerjaan agar tidak berbenturan denganw aktu sholat.

3. Menganggap Sholat Sebagai Aktivitas Penting

Cara agar tidak malas sholat selanjutnya adalah dengan menganggap sebagai prioritas dalam hidup. Dengan begitu tidak ada alasan bagi kita untuk mengabaikannya, karena sudah menyatu dalam kegiatan sehari-hari kita.

Sementara di luar sana banyak orang menjadikan sholat sebagai hal yang sepele. Maka tak heran mereka juga malas mengerjakan sholat.

Padahal sholat adalah ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Maka dari itu, mulai sekarang mari kita menganggap sholat sebagai kebutuhan dan aktivitas yang sangat penting. Dengan begitu kita akan sadar bahwa sholat tidak layak untuk ditinggalkan.

4. Lakukan Secara Bertahap Namun Pasti

Cara agar tidak malas sholat tentu susah dilakukan oleh orang-orang yang sudah malas menjalankan sholat sejak awal. Kelompok demikian itu tidak bisa langsung dipaksa untuk rutin menjalankan sholat.

Perlu proses untuk membangun kembali semangat untuk mengerjakan sholat di dalam hatinya. Proses ini dilakukan secara bertahap namun pasti.

Dengan menanamkan keimanan dan kebiasaan sholat tepat waktu, akan membuat seseorang lebih semangat mengerjakan sholat. Pelan tapi pasti, lambat laun akan rutin melakukan sholat fardhu setiap hari sebanyak lima kali.

Cara Agar Tidak Malas Sholat Selanjutnya

5. Niat dengan Tulus

Cara agar tidak malas sholat yang selanjutnya adalah harus dengan niat yang tulus dan ikhlas. Kebanyakan orang yang malas mengerjakan sholat adalah orang yang tidak tulus dengan niatnya. Ada orang mengerjakan sholat karena niatnya bukan untuk Allah, melainkan agar bisa disayang mertua, disayang atasan, atau agar ingin kelihatan taat.

Padahal niat-niat yang seperti itu justru merusak hakikat sholat itu sendiri. Niat yang salah akan membuat orang menjadi sombong dan riya’ dalam ibadahnya.

Maka dari itu, biasakan diri untuk berniat sholat dengan tulus dan ikhlas tanpa ingin dipuji atau niat lainnya. Niatkan sholatmu hanya untuk Allah SWT.

6. Berkawan dengan Orang Saleh dan Rajin Sholat

Sadar atau tidak, lingkungan pertemanan sangat mempengaruhi kepribadian dan kebiasaan ibadah kita. Seperti kata pepatah, kebiasaan buruk itu lebih mudah menular. Maka dari itu, sebaiknya kita memilih lingkungan pertemanan yang sehat dan rajin ibadah dengan tulus.

Hal ini sebagai salah satu cara agar kita tidak malas mengerjakan sholat. Jika berteman dengan orang saleh dan rajin sholat, setidaknya ada orang-orang yang mengingatkan kita untuk mengerjakan sholat. Syukur-syukur ada orang yang mengajak sholat berjamaah.

Nah, tunggu apa lagi, carilah lingkungan pertemanan yang memerhatikan ibadah sholat, maka dengan sendirinya kamu akan mengikuti kebiasaan tersebut.

7. Memasang Pengingat Waktu Sholat

Meski sudah menjadi kewajiban umat Islam, tak jarang di antara kita lupa waktu sholat. Penyebabnya bisa karena kesibukan atau bahkan ketiduran. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, lupa waktu sholat sudah bukan alasan lagi. Sebab ada fitur alarm pada ponsel pintarmu yang akan selalu mengingatkanmu untuk sholat ketika sudah masuk waktunya.

Maka dari itu, pasanglah alarm pada gadgetmu agar secara otomatis akan mengingatkanmu untuk menjalankan ibadah. Karena jadwal sholat di setiap daerah berbeda-beda, maka agar lebih mudahnya kamu bisa mengatur lokasi daerah kamu berada. Maka dengan otomatis aplikasi tersebut akan menampilkan jadwal sholat di daerah tersebut dan menyalakan pengingat shalat ketika waktunya sudah tiba.

8. Anggaplah Dunia Hanya Sementara

Cara agar tidak malas sholat yang selanjutnya adalah dengan menanamkan pemahaman ke alam bawah sadar bahwa dunia ini hanya sementara, sedangkan akhirat kekal adanya.

Sebab banyak orang yang meninggalkan sholat hanya untuk mengejar urusan duniawi. Padahal, urusan dunia hanya sementara sedangkan urusan akhirat adalah abadi.

Ketika di akhirat nanti, semua umat manusia akan dimintai pertanggungjawaban amalnya di dunia. Dan amal yang akan dihisap pertama kali adalah sholat. Dengan begitu, segera dan perbanyaklah sholat untuk menambah amalanmu di akhirat. Jangan lupa menyempurnakannya dengan selalu berbuat kebajikan kepada sesama makhluk.

9. Percaya Adanya Hari Pembalasan

Kisah tentang siksa neraka bukan sekedar dongeng sebelum tidur. Siksa neraka adalah kabar dari Allah SWT kepada umat manusia untuk memerhatikan setiap amal perbuatannya.

Jika melakukan perbuatan buruk, maka akan diganjar di hari pembalasan nanti dengan siksa yang amat pedih. Melanggar ketentuan Allah dan tidak melaksanakan kewajiban, termasuk meninggalkan sholat fardhu, diancam akan menerima siksa di hari pembalasan. Na’udzubillah min dzalik.

Jika kamu disibukkan dengan dunia, maka ingatlah kembali bahwa dunia hanya tipuan belaka. Jangan sampai kita terperdaya olehnya dan menyesali setelah kita tidak ada di dunia. Sebagai umat Muslim, memercayai siksa neraka sebagai upaya agar kita berpikir ulang untuk meninggalkan sholat.

10. Membaca Buku Keislaman

Cara agar tidak malas sholat yang terakhir adalah memperdalam pemahaman kita tentang agama Islam. Pemahaman yang baik akan melahirkan kebiasaan yang baik dalam hal ibadah.

Membaca buku-buku keislamann akan membuat kita semakin cinta dengan agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW ini. Pemahaman dan wawasan tentang akhirat akan bertambah sehingga kita akan semakin rajin untuk melakukan sholat tepat pada waktunya, lebih baik lagi jika berjamaah.

Leave a Comment