Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

Bimbel di Yayasan Dharma Kasih Jakarta Timur

Bimbingan Belajar Gratis di Yayasan Dharma Kasih Jakarta Timur

Yayasan Dharma Kasih Jakarta Timur berhasil menyukseskan program kegiatan Bimbel bersama anak-anak yatim piatu di Yayasan Dharma Kasih. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang belajar, setiap hari sabtu pukul 10.00 s/d 12.00. Dengan adanya bimbingan belajar(BIMBEL) yang terarah dan terancang ini anak-anak dapat mengasah potensi  yang ada dalam diri mereka, meningkatkan pemahaman terhadap materi sekolah, dan memperoleh strategi belajar yang lebih efektif.

Namun dengan persaingan yang semakin ketat, bagaimana kita dapat memastikan bahwa siswa bisa lulus dengan nilai terbaik? Di sinilah bimbingan belajar memiliki peranan penting bagi pelajar. Sebagai seorang pejuang Perguruan Tinggi kita pasti mempunyai impian untuk meraih pendidikan dan juga cita-cita yang sangat tinggi.

Di indonesia pendidikan tinggi merupakan salah satu tolak ukur bagi seseorang, Baik akademis maupun kemampuan intelektual seseorang. Oleh karena itu banyak para pelajar yang memliki impian untuk lulus Perguruan Tinggi Negeri untuk mengejar cita-cita mereka.

Bimbingan belajar bukan hanya sekadar tempat untuk belajar tambahan, melainkan kunci yang membuka akses menuju perguruan tinggi negeri yang di dambakan. Tempat Bimbingan Belajar (BIMBEL) merupakan kegiatan tambahan yang dilaksanakan oleh para siswa di luar jam pembelajaran sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar.

Gambar di atas adalah kegiatan Bimbel yang di adakan oleh Yayasan Dharma Kasih Jakarta Timur. Kegiatan ini di bimbing langsung oleh Ibu lulu dan ka widia. Alhamdulillah anak-anak sangat antusias dan sangat gembira mengikuti kegiatan bimbel ini.

Seperti yang disebutkan pada paragraf sebelumnya bimbingan belajar juga dapat membantu pelajar memasuki PTN melalui strategi-strategi pembelajaran maupun try-out yang disediakan. Bimbel atau Bimbingan Belajar memiliki metode pembelajaran yang jauh berbeda jika dibandingkan dengan metode belajar di sekolah.

Metode pembelajaran pada bimbingan belajar cenderung memfokuskan pelajarnya untuk memahami materi materi yang berpotensi muncul dalam pengerjaan soal UTBK. Berbeda dengan pembelajaran di sekolah yang biasanya hanya mempelajari materi-materi dasar pada setiap mata pelajarannya. Dapat diketahui bahwa peluang mencapai nilai tinggi rata” siswa yang mengikuti bimbel.

Seperti yang dikutip dari situs berbagai 6600 siswa SMA Jakarta diterima di PTN pada tahun 2023, Tentu ini bukanlah jumlah yang sedikit. Mengingat pada kota-kota besar lainnya, masih banyak siswa/siswi yang menempati bangku PTN yang tersedia melalui jalur-jalur masuk PTN.

Di tampat bimbingan belajar lain seperti di Ganesha Operation, 42.000+ siswa/siswi diterima masuk PTN dari berbagai cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa bimbingan belajar  telah membantu banyak siswa-siswi untuk masuk ke PTN.

Dari data tersebut kami berasumsi bahwa dengan anak-anak yatim kami mengikuti bimbingan belajar, secara tidak langsung mereka meningkatkan kemungkinan lulus dengan nilai terbaik. Dapat diketahui juga bahwa jumlah diterimanya pelajar yang mengikuti bimbingan belajar pasti jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan siswa siswi yang tidak mengikuti bimbingan belajar. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa bimbingan belajar membantu pelajar memahami materi lebih baik karena mendapatkan bantuan dan dukungan secara langsung dari pembimbing belajar. Hal ini bisa mendorong pelajar untuk memiliki kemampuan akademik yang lebih tinggi dan kinerja lebih baik secara akademik untuk mendapatkan beasiswa. 

Oleh sebab itu pelajar memiliki kinerja yang lebih baik dan kemampuan akademik yang lebih tinggi yang membuat mereka berpotensi lebih besar untuk mendapatkan keterangan lulus dengan nilai tinggi. Meskipun bimbingan belajar (BIMBEL) dapat memberikan peluang besar untuk meningkatkan peluang siswa agar berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri

Tapi keberhasilan ini tidak dapat dijamin 100%. Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi hasil akhir. Termasuk tingkat persaingan yang ketat, variasi soal ujian, dan faktor individu seperti kemampuan belajar, dan pemahaman materi masing-masing siswa. 

Meskipun bimbingan belajar dapat memberikan panduan dan strategis yang efektif, tidak ada jaminan kesuksesan mutlak dalam ujian masuk PTN. Menurut kami, siswa perlu tetap fokus, bekerja keras, dan memiliki komitmen tinggi untuk meraih prestasi akademis yang diinginkan. Oleh karena itu bimbingan belajar dapat menjadi wadah yang sangat berguna untuk para pelajar.

siswa juga perlu menggabungkannya dengan kerja keras dan kesiapan mental untuk menghadapi soal-soal ujian dengan percaya diri.

Leave a Comment