Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

Amalan Tahun Baru Islam Yang Di Sunnah Kan Nabi

Menjelang datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah kita sebagai umat Islam sebaiknya melakukan amalan-amalan yang disunnahkan untuk memperingati tahun baru Islam. 

Lalu apa sajakah amalan yang sebaiknya dilakukan menjelang atau saat tahun baru Islam datang? 

Bulan Muharram merupakan bulan yang dimuliakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan mengerjakan amalan kebaikan di bulan ini maka akan mendapatkan juga kebaikan kepada yang melakukannya. 

Abu Dzar ra berkata, “Aku bertanya kepada Rasulullah SAW:”Malam apakah yang lebih baik dan bulan apakah yang lebih utama?” Beliau menjawab” “Sebaik-baiknya malam adalah pertengahannya. Bulan yang paling utama adalah bulan Allah yang kalian sebut Muharram.” (HR. An-Nasa’i).

Berikut ini adalah amalan-amalan yang dapat dikerjakan untuk memperingati datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriyah. 

1. Memperbanyak ibadah 

Seperti yang disebutkan di atas, bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan ibadah. Umat Islam dapat memperbanyak mengerjakan sholat sunnah, membaca Al-Quran, berzikir, dan juga berdoa. 

Sebab Muharram adalah waktu yang terbaik untuk memperkuat hubungan seseorang dengan Allah SWT. Oleh sebab itu, sayang jika Anda melewatkan kesempatan berharga ini. 

2. Bersedekah 

Untuk menyambut Tahun Baru Islam 1445 H H, umat Islam dapat melakukan sedekah dengan sesama yang kekurangan. Sedekah pada 1 Muharram bisa meningkatkan keimanan kita dan menambah rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT limpahkan. Adapun sedekah yang dapat dibagikan antara lain uang, barang, makanan, atau yang lainnya.

3. Memperbanyak istighfar 

Istighfar merupakan ungkapan permohonan  ampun kepada Allah SWT. Awal Muharram menjadi waktu terbaik untuk kita memperbanyak istighfar dan memohon ampunan atas segala dosa yang diperbuat. 

 dengan berzikir, membaca doa istighfar, ataupun memperbanyak sujud syukur kepada Allah. Amalan ini dapat dilakukan di waktu mustajab untuk berdoa, seperti selesai sholat, diantara adzan dan iqomah, ketika hujan dan lainnya. 

4. Musahabah diri 

Amalan 1 Muharram 1445 H berikutnya yaitu musahabah diri. Selama bulan Muharram umat Islam sangat dianjurkan untuk melakukan muhasabah atau introkspeksi diri disamping memperbanyak amal sholeh. Hal ini dilakukan sebagai persiapan dalam menghadapi kematian. 

5. Puasa 

Di bulan Muharram, umat Islam juga dianjurkan untuk mengerjakan puasa sunnah. Meskipun puasa yang dikerjakan tidak pada tanggal 1 Muharram, namun puasa sunnah ini memiliki keutamaan dan pahala yang besar bagi yang mengerjakannya. 

Adapun puasa sunnah di pada bulan Muharram yaitu puasa Tasu’a dan puasa asyuara. Puasa Tas’ua sendiri dapat dikerjakan pada 9 Muharram atau tanggal 27 Juli 2023. 

Sementara, puasa Asyura dapat dikerjakan pada tanggal 10 Muharram yang bertepatan dengan 28 Juli 2023. Selain itu, ada pula amalan puasa sunna Ayyamul Bidh yang bisa dikerjakan pada tanggal 13,14,15 Muharram, atau bertepatan tanggal 31 Juli-2 Agustus 202 mendatang. 

Nah itulah sejumlah amalan 1 Muharram 1445 H yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan umat Islam lantaran mendatangkan pahala yang begitu besar. 

Leave a Comment