Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

7 Keutamaan Sedekah di Hari Jum’at

Hari Jumat dianggap sebagai hari mulia untuk agama Islam, karena berbagai amalan baik yang bisa dikerjakan seorang muslim. Contohnya beramal dan sedekah di hari Jumat. Sedekah adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain yang membutuhkan. Sedekah dilakukan secara sukarela tanpa adanya batas yang diberi.

Salah satu amalan mulia yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan adalah sedekah. Agama Islam mengajarkan umatnya untuk berbuat baik kepada sesama. Contohnya saja memberikan sebagian harta pada fakir miskin, yatim piatu, dan orang yang membutuhkan. Keutamaan sedekah di hari Jumat memberi pahala bagi seorang muslim.

Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Sedekah di hari Jumat memberi kebaikan dan keistimewaan. Nabi Muhammad SAW memberitahukan pada umatnya untuk memperbanyak ibadah di hari Jumat. Dalam bahasa Arab, kata sedekah berasal dari kata “Sidiq” artinya kebenaran. Dalam bahasa Arab sedekah adalah shadaqah yang diberikan seseorang pada orang lain.

1. Mendapatkan Pertolongan pada Hari Akhir

Melakukan sedekah di hari Jumat dapat mendatangkan pahala berlipat ganda. Selain itu sedekah membantu menolong atau syafaat pada hari akhir. Umat Islam meyakini adanya hari akhir (hari kiamat). Cara menghadapi hari akhir adalah mempebanyak amal dan perbuatan baik di dunia. Melakukan sedekah dengan ikhlas untuk mengharapkan ridho dari Allah SWT dapat menolong seorang muslim di hari akhir.

2. Mendapat Karunia Berlimpah

Hari Jumat merupakan hari mulia bagi umat Islam. Keuntungan sedekah hari Jumat adalah mendapatkan karunia berlimpah dari Allah SWT kepada orang terpilih. Karunia ini diberikan pada orang yang rajin ibadah dan bersedekah. Pahala yang diberikan Allah SWT mencapai 700 kali lipat besarnya.

3. Pahala sama dengan Bulan Ramadhan

Salah satu keutamaan sedekah di hari Jumat yaitu mempunyai pahala yang sama di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam mendapatkan pahala berlimpah dan dilipatgandakan. Setiap orang yang melakukan ibadah di hari Jumat akan mendapatkan pahala berlipat ganda seperti bulan Ramadhan.

4. Amalan Sholeh

Kegiatan sedekah termasuk amalan sholeh untuk perbanyak ibadah. Sedekah termasuk amalan yang disukai Allah SWT. Hari Jumat termasuk hari istimewa dibanding hari lainnya, sehingga syafaat yang diterima lebih tinggi.

5. Memberi Rezeki pada Keluarga

Melakukan sedekah di hari Jumat memberi keajaiban dan pertolongan tidak terduga. Salah satunya memberi rezeki pada keluarga. Sedekah tidak selalu harus berupa materi, melainkan bisa dalam bentuk bantuan dan tenaga dari orang lain.

6. Memperkuat Tali Silaturahmi

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan bantuan orang lain. Salah satunya memberi sedekah di hari Jumat. Memberi sedekah bisa dilakukan di masjid, ke saudara, keluarga, teman, dan kerabat. Memberi sedekah pada orang lain dapat mempererat tali silaturahmi dan penting bagi kehidupan seseorang. Kita tidak akan pernah tahu seperti apa kehidupan, jika kita memberi bantuan pada orang lain tidak menutup kemungkinan mereka membantu kita.

7. Mengikuti Sunnah Rasul

Kegiatan sedekah di hari Jumat termasuk ajaran sunnah Rasulullah SAW. Setiap menjalankan sunnah Nabi Muhammad SAW dapat memberi keberkahan dan kebaikan bagi orang-orang yang ikhlas melakukannya. Rasulullah menganjurkan sedekah di hari Jumat terutama di siang dan malam hari. Selain itu umat Islam dianjurkan memperbanyak ibadah sholat di hari Jumat. Itulah keutamaan sedekah di hari Jumat. Melakukan sedekah bisa dilakukan pada hari Jumat untuk mendapatkan manfaat dan pahala. Kamu juga bisa menggunakan layanan donasi online untuk bersedekah, nantinya donasi tersebut disalurkan pada mereka yang berhak.

Leave a Comment