Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

5 Manfaat Yang Bisa Di Peroleh Dari Mengkonsumsi Telur Asin

Telur asin merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Biasanya, telur asin dijadikan lauk untuk makan atau diolah dengan makanan lainnya.

Kandungan gizi telur asin

Di Indonesia, telur yang diasinkan biasanya adalah telur bebek. Telur ini punya cangkang yang bisa menyerap garam secara menyeluruh. Rasanya pun lebih enak daripada telur ayam biasa.

Beberapa zat gizi penting bisa ditemukan di dalam telur asin adalahprotein, asam lemak tak jenuh, serta vitamin dan mineral.

1.  Meningkatkan fungsi penglihatan

Khasiat telur asin berpotensi meningkatkan fungsi penglihatan. Hal ini berkat kandungan vitamin A dan beta-karoten di dalamnya.

Vitamin A membantu meningkatkan fungsi bagian mata yang membantu Anda bisa melihat dalam ruangan rendah cahaya. Oleh karena itu, vitamin A baik untuk mengurangi risiko rabun senja.

Vitamin A juga menjaga kelembapan bola atau sehingga tidak rentan terkena infeksi.

2.  Membangun dan memperbaiki jaringan rusak

Telur umum dikenal sebagai sumber protein dalam makanan sehari-hari. Selain itu, telur juga mengandung karbohidrat dan lemak yang penting untuk memasok bagi tubuh.

Kandungan protein tinggi dalam telur asin juga berfungsi dalam membangun sel baru, sekaligus memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak. 

Asupan gizi yang Anda dapatkan ini juga dapat membantu perkembangan otot, kulit, dan rambut.

Kombinasi ketiga gizi dari telur asin ini memberikan manfaat berupa menjaga fungsi metabolisme tubuh agar bekerja secara normal.

3.  Menjaga sistem kekebalan tubuh

Manfaat telur asin yang satu ini berasal dari kandungan mineral, seperti selenium dan zat besi. Keduanya membantu menjaga sistem imunitas tubuh. 

Selenoprotein memiliki peranan penting dalam mempengaruhi respons peradangan, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi tertentu.

Kandungan zat besi yang juga terdapat dalam telur asin memberikan manfaat dalam pembentukan hemoglobin sehingga Anda bisa terhindar dari anemia. 

Hemoglobin juga berperan membawa oksigen untuk meningkatkan proses penyembuhan pada jaringan tubuh yang rusak.

4.  Menurunkan risiko osteoporosis

Manfaat telur asin baik untuk membangun kepadatan tulang dan gigi karena mengandung kalsium dan fosfor. 

Selain dan kalsium dan fosfor, telur asin menyediakan kalium dalam jumlah yang cukup tinggi. 

kalium memiliki fungsi dalam membantu penyerapan kalsium pada tulang. Mineral ini juga membantu agar kalsium tidak terbuang melalui cairan urine. 

Pada wanita dewasa yang sudah menopause, asupan mineral ini dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis. 

5.  Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

Berkat kandungan kalsiumnya yang tinggi, telur asin menyimpan khasiat penting bagi kesehatan ibu hamil dan janin. 

Selama masa kehamilan, kebutuhan kalsium pada ibu hamil bertambah untuk membantu perkembangan tulang dan gigi janin dalam kandungan.

Selama masa kehamilan, kebutuhan kalsium pada ibu hamil bertambah untuk membantu perkembangan tulang dan gigi janin dalam kandungan.

Selain itu, kandungan asam lemak omega 3 dokosaheksanoat (DHA) pada telur asin juga dapat membantu perkembangan otak, sistem saraf, dan penglihatan bayi. 

Sayangnya, kandungan natrium yang tinggi pada telur asin mungkin dapat memicu hipertensi saat hamil yang berdampak buruk bagi ibu dan perkembangan janin. 

Konsultasikan dengan dokter apabila Anda hendak mengonsumsi telur asin selama kehamilan.

Leave a Comment