Yayasan Dharma Kasih | Peduli Yatim di Cakung Jakarta Timur

5 Cara Memuliakan Anak Yatim

5 Cara Memuliakan Anak Yatim

1.Mengusap Kepala dengan Membelai Rambutnya

“ Diriwayatkan dari Abu Hurairah, bahwa ada seorang laki-laki yang mengadukan kekerasan kepada Rasulullah saw, maka beliau berdoa: ‘Usaplah kepala anak yatim dan berilah makan orang miskin .” [SDM. Ahmad dengan perawi shahih].

Memberikan perhatian kepada anak yatim, tentu ada pengaruh tersendiri bagi yang melakukannya. Sang yatim pun akan merasakan kasih sayang dan empati dari orang yang mengusapnya. Namun anak yatim yang diusap dia adalah yatim yang belum dewasa atau jatuh baligh.

2. Bantu Kebutuhannya lewat Program OTA (Orang Tua Asuh)

Cara memuliakan anak yatim selanjutnya adalah dengan membantu penuhi kebutuhan jasmani dan rohaninya. Untuk berolahraga bisa dibantu dengan memberikan makanan, minuman, dan pakaian. Sedangkan untuk keperluan rohaninya mereka membutuhkan pendampingan dan bimbingan yang selayaknya didampingi oleh orangtua. Untuk ambil manfaat menjadi Orang Tua Asuh, klik di sini.

3. Membina Agar Memiliki Pribadi yang Baik

Membina anak yatim menjadi salah satu cara memuliakan anak yatim. Dengan mengajarkan serta mendidik dengan penuh kasih sayang akan membuat mereka memiliki bekal yang cukup untuk menghadapi hari-hari ke pembelajaran. Apalagi membina karakter bukan hanya menjadi peran keluarga yatim sendiri, namun juga tugas bersama agar anak-anak yatim di lingkungan sekitar memiliki pribadi yang berakhlakul karimah.

4. Berkata dan Berperilaku yang Baik Kepadanya

Selanjutnya cara memuliakan anak yatim adalah dengan berkata dan berperilaku yang baik saat berinteraksi dengan mereka. Dengan menjaga kisah-kisah mereka tentu bisa menjaga hati dan perasaan mereka agar tetap senang, tidak sedih apalagi.

5. Membantu Menjaga dan Mengelola Hartanya

Selain itu, cara memuliakan anak yatim adalah dengan membantu menjaga dan mengelola hartanya.

Allah SWT berfirman, yang artinya: “Dan janganlah kamu menyerahkan kepada orang yang belum sempurna akalnya, harta (mereka yang ada dalam kekuasaan) kamu yang dijadikan Allah sebagai pokok kehidupan. Berilah mereka pembelanjaan dan pakaian (dari hasil harta itu) dan sediakanlah kepada mereka kutipan yang baik.” (QS. An-Nisa: 5)

Leave a Comment